Minggu, 26 Mei 2013

FKGBPNS KKM MTsN 1 BOJONEGORO GELAR WORKSHOP PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL




D
alam dunia pendidikan Guru merupakan ujung tombak penentu kualitas pendidikan di suatu negara. Dari guru kita bisa mengetahui sesuatu yang mungkin  sebelumnya diketahui. Melalui tangan-tangan guru bisa menghasilkan seorang anak didik yang pintar dan berakhlaqul karimah atau mungkin sebaliknya. Semua itu tergantung dari kualitas guru sebagai seorang pengajar dan pendidik. Oleh sebab itu untuk terus dapat meningkatkan kualitas pendidikan ke arah yang lebih baik, guru harus senantiasa terus menerus meningkatkan kualitas dirinya terutama guru-guru yang telah lulus sertifikasi.

Seiring dengan rencana pemberlakuan kurikulum 2013, dimana pada kurikulum tersebut tidak hanya mengedepankan domain Pengetahuan, namun juga domain Ketrampilan dan Sikap, maka sudah selayaknya guru-guru profesional ini terlatih untuk membawa pembelajaran kearah tiga ranah tersebut. Pasca pembelajaran siswa tidak hanya menguasai pengetahuan/konsep, namun mereka juga bisa melakukan dan menerapkan dari apa yang dipelajarinya secara positif.  Hal ini tentunya seperti yang diharapkan oleh Permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses.

Seperti yang diprogramkan oleh Forum Komunikasi Guru Profesi Bukan Pegawai Negeri Sipil (FKGBPNS) KKM MTs Negeri 1 Bojonegoro Wilayah 1, Forum ini telah berhasil menyelenggarakan Workshop Pembelajaran Kontekstual Menyongsong Kurikulum 2013 bagi guru-guru sertifikasi di lingkungan KKM MTs Negeri 1 Bojonegoro yang berjumlah 89 orang. Workshop ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 11 – 13 Mei 2013  bertempat di Aula MTs Negeri 1 Bojonegoro. 

Workshop Pembelajaran Kontekstual Menyongsong Kurikulum 2013 ini dibuka dan dihadiri oleh seluruh Pengawas Pendidikan Agama Islam Kemenag Bojonegoro wilayah 1 KKM MTsN 1 Bojonegoro dan Bapak Kepala MTsN 1 Bojonegoro selaku ketua KKM.

Modul yang digunakan pada Workshop ini adalah modul terbaru dari USAID PRIORITAS. Sebagaimana diketahui bahwa program USAID Prioritas merupakan kelanjutan program USAID sebelumnya, yakni DBE-3 yang sudah banyak membawa perubahan pembelajaran di Madrasah-madrasah mitra DBE-3. “Pada workshop ini materi yang diterima peserta adalah pembelajaran kontekstual, pembelajaran kooperatif, Merumuskan pertanyaan yang mendorong siswa berfikir tingkat Tinggi, Menciptakan lingkungan kelas yang mendorong Siswa Belajar Efektif dan menulis Jurnal reflektif”,  ungkap ketua Panitia, Mufid Rochman. “Kami berharap pasca workshop ini guru-guru yang telah lulus sertifikasi dapat menerapkan materi-materi pelatihan yang telah diterima sehingga begitu Kurikulum 2013 diberlakukan, kita telah siap dan terbiasa melakukan pembelajaran yang bermakna” tambahnya.

Workshop Pembelajaran kontekstual ini di fasilitasi oleh Ustadz  Yasdi ( guru MTs Al Rosyid ) dan Ibu Rasmijah ( guru MTsN 1 Bojonegoro ) yang keduanya merupakan  Fasilitator Propinsi dan Fasillator Daerah USAID Prioritas Jawa Timur. “Saat ini Kabupaten Bojonegoro hanya mendapat jatah program pendampingan selama dua tahun, itupun dana pelatihannya yang menyiapkan adalah Pemerintah Daerah melalui APBD atau bisa swadaya dari guru-guru sendiri, seperti yang telah dilaksanakan oleh Forum ini”, tutur Yasdi.

 “Komitmen dan motivasi yang tinggi dari peserta workshop ini tentu nya merupakan bekal kami selaku ketua dan pengurus  Forum untuk terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua anggota dalam rangka meningkatkan kualitas guru-guru sertifikasi di lingkungan KKM MTsN 1 Bojonegoro wilayah 1, dan Insya Allah sebentar lagi akan ada Workshop Pemanfaatan IT dalam pembelajaran” kata M. Muhyidin, Sekretaris Forum.
Kegiatan Perdana Forum Komunikasi Guru Profesi Bukan PNS KKM MTsN 1 Bojonegoro ini ditutup oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Bapak H. Yasmani, M.Pd I. Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi positif terselenggaranya pelatihan dalam rangka meningkatkan kualitas guru-guru profesi di lingkungan KKM MTsN 1 Bojonegoro. Menurut beliau bahwa diantara tujuan di cairkannya tunjangan profesi guru sertifikasi  selain untuk meningkatkan kesejahtaraan guru juga untuk meningkatkan profesionalisme, sehingga kualitas guru guru di madrasah ini akan semakin baik.

0 komentar:

Yasdi, SE, MM
082 331 046 465 / 085 732 255 454

Alamat Kantor :
MTs Al Rosyid
Jl. KH. R. Moh Rosyid Ngumpakdalem Dander Bojonegoro Jawa Timur

Alamat Rumah :
RT. 01 RW. 01
Desa Sumodikaran Dander Bojonegoro Jawa Timur