Jumat, 15 April 2016

MENGAKTIFKAN SISWA DENGAN MOTODE PEMBELAJARAN “KANCING GEMERINCING”

 http://wapikweb.org
Keluhan klasik yang sering dihadapi para guru dalam menerapkan cooperative learning diantaranya, ada anak yang terlalu dominan dan banyak bicara mengemukakan pendapatnya. Sebaliknya, sering ada anak yang pasif dan pasrah saja pada temannya yang lebih dominan. Dalam situasi seperti ini, pemerataan tanggung jawab dalam kelompok tidak bisa tercapai  karena anak yang pasif akan terlalu menggantungkan diri pada rekannya yang dominan. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, saya mencoba menerapkan metode Pembelajaran kooperatif “Kancing Gemerincing” pada pelajaran IPS kelas VIII-E, KD 7.3. Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian  nasional, di MTs Al Rosyid Bojonegoro.

Dalam kegiatan tersebut masing-masing anggota kelompok mendapatkan kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka  dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota yang lain.  Adapun Langkah-langkah pembelajarannya adalah : (1). Guru menyiapkan satu kotak kecil yang berisi kancing ( bisa juga benda-benda kecil lainnya seperti potongan sedotan, batang korek api, kacang merah dan sebagainya ); (2) Membentuk kelompok diskusi. Setiap kelompok terdiri dari 6 siswa; (3) Sebelum kelompok memulai tugasnya, setiap siswa dalam masing-masing kelompok mendapatkan dua atau tiga buah kancing; (4) Guru membagikan Lembar kerja dan siswa mendiskusikannya; (5) Setiap kali seorang siswa dalam kelompok tersebut berbicara atau mengutarakan pendapatnya, dia harus meletakkan satu kancingnya di tengah meja kelompok; (6) Jika kancing yang dimiliki seorang siswa habis, dia tidak boleh berbicara lagi sampai semua temannya juga menghabiskan kancing mereka; (7) Jika semua kancing sudah habis, sedangkan tugas belum selesai, kelompok boleh mengambil sepakat untuk membagi bagi kancing lagi dan mengulangi prosedur seperti diawal diskusi; (8) Jika tugas sudah selesai, kelompok menyimpulkan hasil diskusinya dan menulisnya pada kertas; (9) Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi untuk mendapat tanggapan dari kelompok lain.




 Alhasil…… setelah menerapkan metode pembelajaran tersebut, siswa kelas VIII-E  menjadi lebih aktif dalam berdiskusi. Metode ini mampu memastikan setiap siswa mendapatkan kesempatan untuk berperan serta dalam diskusi. Dengan demikian metode pembelajaran Kancing Gemerincing bisa menjadi solusi bagi guru yang menghadapi masalah kurang aktifnya anggota kelompok diskusi.

0 komentar:

Yasdi, SE, MM
082 331 046 465 / 085 732 255 454

Alamat Kantor :
MTs Al Rosyid
Jl. KH. R. Moh Rosyid Ngumpakdalem Dander Bojonegoro Jawa Timur

Alamat Rumah :
RT. 01 RW. 01
Desa Sumodikaran Dander Bojonegoro Jawa Timur