Rabu, 11 September 2013

BELAJAR SEJARAH.....???? OOOO.... SANGAT MENYENANGKAN.....



BELAJAR SEJARAH

TERNYATA MENYENANGKAN


……….Ustadz…. Besuk diskusi lagi ya……….. Begitulah kata-kata yang keluar dari mulut anak-anak kelas IX-B MTs Al Rosyid.

Hari itu, Rabu, 11 September 2013 aku masuk kelas mereka. Pada pertemuan sebelumnya kugunakan metode Ceramah, Karena memang memberi pengantar dalam menyampaikan KD. 1.2. Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia. Kuperhatikan mereka hanya konsentrasi sekitar 15 menit saja. Setelah itu mereka mulai tidak respon dengan apa yang aku sampaikan. Walaupun di tengah-tengah ceramahku, ku selipkan tanya jawab.

Pada pertemuan berikutnya kusiapkan Lembar Kerja (LK) yang aku buat dengan menggunakan pertanyaan tingkat tinggi (menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi). Pada awal pelajaran, mereka memperhatikan media belajar berupa gambar-gambar dan video tentang Perang duania II dan pendudukan Jepang di Indonesia. Kemudian mencari sumber belajar lainnya di Perpustakaan dengan memanfaatkan buku-buku penunjang. Dengan Metode STAD (Student Teams Achievement Division ), Secara berkelompok mereka menyelesaikan LK yang aku bagikan. Mereka berdiskusi berusaha menyelesaikan Lembar Kerja yang memang menuntut mereka untuk berfikir tingkat tinggi.  Ditengah sibuk-sibuknya mereka berdiskusi kucoba mendekati dan mendampingi mereka sambil melakukan penilaian kinerja dengan rubrik-rubrik penilaian yang sudah kusiapkan. 


Setelah 30 menit berlalu, mereka menghasilkan produk belajar yang siap untuk dipresentasikan. Mula-mula Produk itu ditempel di papan tulis sebagai bukti bahwa mereka telah menyelesaikan tugasnya. Setelah itu tiap-tiap kelompok menunjuk wakilnya untuk maju ke depan kelas dan mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. 


Berawal dari presentasi tiap-tiap kelompok terjadilah perdebatan sengit dimana masing-masing kelompok berusaha mempertahankan pendapatnya. Perdebatan itu berakhir ketika saya memberi penguatan dan bersama-sama dengan mereka menyimpulkan hasil pembelajaran selama 2 jam tatap muka tersebut.

0 komentar:

Yasdi, SE, MM
082 331 046 465 / 085 732 255 454

Alamat Kantor :
MTs Al Rosyid
Jl. KH. R. Moh Rosyid Ngumpakdalem Dander Bojonegoro Jawa Timur

Alamat Rumah :
RT. 01 RW. 01
Desa Sumodikaran Dander Bojonegoro Jawa Timur