Selasa, 31 Januari 2012

Kekuatan Ilmu adalah pengamalannya....

Pembaca  yang budiman.
Kali ini kami mengajak pembaca merenung, Sungguh….banyak sudah orang-orang pandai di negeri ini, cukup banyak lulusan sarjana, pasca sarjana bahkan doktor di negara yang kita cintai ini, tetapi mengapa negara kita tak kunjung menjadi negara makmur seperti yang dicita-citakan UUD 1945. Ada hipotesis bahwa kita lemah dalam mengamalkan ilmu kita. Ya…..Kekuatan dari ilmu itu adalah mengamalkannya. Seorang teman bercerita bahwa ia ingin agar anaknya tidak membuang sampah sembarangan, tapi perintah tinggal perintah, nyatanya sang anak tetap membuang sampah sekehendaknya, padahal sudah ada tempat sampah di lingkungan tersebut.


Teman saya itu, akhirnya mengakui dampak dari tidak konsistennya antara ucapan dan tingkah lakunya. Tepatnya, teman saya itu pernah kepergok oleh anaknya ketika sedang membuang sampah di sembarang tempat alias tidak pada tempatnya.

Dari cerita teman saya itu, kita dapat mengambil pelajaran bahwa ilmu yang tidak sesuai amal yang dilakukan akan menghambat proses pendidikan anak. Hal ini menunjukkan betapa kekuatan aplikasi ilmu itu lebih dominan dibanding ilmu itu sendiri secara teoritis. Ketika siswa belajar hanya mendengarkan teori-teori dari guru maka terkadang siswa itu kebingunan mengaplikasikan dalam kehidupan. Life skill/kecakapan hidup mereka sulit terbentuk. Mereka hanya pandai bicara namun tidak memiliki kemampuan untuk melahirkan ide-ide cemerlangnya. Dan ini merupakan embrio terbentuknya generasi yang rapuh.
Pembaca yang budiman, kalau kita sudah merenungkan bahwa realita kehidupan menuntut kita untuk tahu (learning to know), maka sudah seharusnya menuntut kita untuk melakukan (learning to do) dengan demikian kita memiliki kepercayaan diri (learning tobe) yang mengantarkan kita hidup di tengah-tangah masyarakat (learning to live together) sebagai orang yang patut untuk diperhitungkan.

Mari kita mengevaluasi diri   cara belajar kita, cara mengajar kita,  sehingga mampu mencetak generasi penerus agama dan bangsa yang memiliki kecapakan personal, akademis, sosial dan vokasional. Menguasai ilmu dan mengamalkannya.

1 komentar:

Diajeng Ajachyach mengatakan...

no coment ya bpk,,, kasi jempolllllll ajah...

Yasdi, SE, MM
082 331 046 465 / 085 732 255 454

Alamat Kantor :
MTs Al Rosyid
Jl. KH. R. Moh Rosyid Ngumpakdalem Dander Bojonegoro Jawa Timur

Alamat Rumah :
RT. 01 RW. 01
Desa Sumodikaran Dander Bojonegoro Jawa Timur