Prinsip-prinsip
Belajar, Pembelajaran, dan Penilaian
Proses pembelajaran
yang diterapkan dalam kurikulum 2013 adalah pendekatan proses sains. Beberapa
keterampilan yang dibina antara lain:
1.
Keterampilan
berpikir yaitu kemampuan mendeskripsikan, mendefinisikan, mengklasifikasi,
membuat hipotesis, membuat generalisasi, memprediksi, membandingkan dan
mengkontraskan, dan melahirkan ide-ide baru;
2.
Keterampilan
akademik yaitu kemampuan membaca, menelaah, menulis, berbicara, mendengarkan,
membaca dan menginterpretasi peta, membuat garis besar, membuat grafik dan
membuat catatan.
3.
Keterampilan
penelitian yaitu mendefinisikan masalah, merumuskan suatu hipotesis, menemukan
dan mengambil data yang berhubungan dengan masalah, menganalisis data,
mengevaluasi hipotesis dan menarik kesimpulan, menerima, menolak atau
memodifikasi hipotesis dengan tepat.
4.
Keterampilan
sosial yaitu kemampuan bekerjasama, memberikan kontribusi dalam tugas dan
diskusi kelompok, mengerti tanda-tanda non-verbal yang disampaikan oleh orang
lain, merespon berbagai masalah, memberikan penguatan terhadap kelebihan orang
lain, dan mempertunjukkan kepemimpinan yang tepat.
Dengan landasan pada
harapan di atas, pembelajaran IPS memiliki lima langkah pokok yaitu:
1.
Mengamati yaitu
kegiatan belajar dari lingkungannya melalui indera penglihat, pembau,
pendengar, pengecap dan peraba pada waktu mengamati suatu objek. Tujuannya
untuk memperoleh pengalaman dan melihat fakta tentang keadaan lingkungan sekitarnya;
2.
Menanya yaitu
kegiatan peserta didik untuk mengungkapkan apa yang ingin diketahuinya baik
yang berkenaan dengan suatu objek, peristiwa, atau suatu proses
tertentu;
3. Mengeksperimen, yaitu kegiatan mengumpulkan data melalui
kegiatan uji coba, mengeksplorasi lebih mendalam, dan mengumpulkan data
sehingga data yang telah diperoleh dapat dianalisis dan disimpulkan;
4.
Mengasosiasi yaitu kegiatan peserta didik untuk membandingkan antara data yang telah
diolahnya dengan teori yang ada sehingga dapat ditarik kesimpulan dan atau
ditemukannya prinsip dan konsep penting;
5. Mengomunikasikan yaitu kegiatan peserta didik dalam mendiskripkan dan menyampaikan hasil
temuannya dari kegiatan mengamati, menanya, uji coba, dan mengasosiasi.
Kelima
proses tersebut dapat diisi dengan berbagai kegiatan yang relevan. Penilaian peserta
didik juga diarahkan pada kelima proses pembelajaran. Dengan demikian strategi
penilaian proses dan hasil belajar yang
digunakan adalah penilaian kelas. Penilaian kelas dilaksanakan melalui berbagai
teknik/cara, seperti penilaian unjuk kerja (performance), penilaian
sikap, penilaian tertulis (paper and pencil test), penilaian proyek,
penilaian produk, penilaian melalui kumpulan hasil
kerja/karya siswa (portfolio), dan penilaian diri.
0 komentar:
Posting Komentar