BELAJAR SEJARAH
TERNYATA MENYENANGKAN
……….Ustadz….
Besuk diskusi lagi ya……….. Begitulah kata-kata yang keluar dari mulut anak-anak
kelas IX-B MTs Al Rosyid.
Hari
itu, Rabu, 11 September 2013 aku masuk kelas mereka. Pada pertemuan sebelumnya
kugunakan metode Ceramah, Karena memang memberi pengantar dalam menyampaikan
KD. 1.2. Mendeskripsikan Perang Dunia II
(termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial,
ekonomi, dan politik di Indonesia. Kuperhatikan mereka hanya konsentrasi
sekitar 15 menit saja. Setelah itu mereka mulai tidak respon dengan apa yang
aku sampaikan. Walaupun di tengah-tengah ceramahku, ku selipkan tanya
jawab.
Pada
pertemuan berikutnya kusiapkan Lembar Kerja (LK) yang aku buat dengan menggunakan
pertanyaan tingkat tinggi (menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi). Pada
awal pelajaran, mereka memperhatikan media belajar berupa gambar-gambar dan
video tentang Perang duania II dan pendudukan Jepang di Indonesia. Kemudian mencari
sumber belajar lainnya di Perpustakaan dengan memanfaatkan buku-buku penunjang.
Dengan Metode STAD (Student Teams Achievement Division ), Secara berkelompok mereka
menyelesaikan LK yang aku bagikan. Mereka berdiskusi berusaha menyelesaikan
Lembar Kerja yang memang menuntut mereka untuk berfikir tingkat tinggi. Ditengah sibuk-sibuknya mereka berdiskusi
kucoba mendekati dan mendampingi mereka sambil melakukan penilaian kinerja
dengan rubrik-rubrik penilaian yang sudah kusiapkan.
Setelah
30 menit berlalu, mereka menghasilkan produk belajar yang siap untuk
dipresentasikan. Mula-mula Produk itu ditempel di papan tulis sebagai bukti
bahwa mereka telah menyelesaikan tugasnya. Setelah itu tiap-tiap kelompok
menunjuk wakilnya untuk maju ke depan kelas dan mempresentasikan hasil kerja
kelompoknya.
Berawal
dari presentasi tiap-tiap kelompok terjadilah perdebatan sengit dimana
masing-masing kelompok berusaha mempertahankan pendapatnya. Perdebatan itu
berakhir ketika saya memberi penguatan dan bersama-sama dengan mereka
menyimpulkan hasil pembelajaran selama 2 jam tatap muka tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar